Senin, 18 Desember 2017

Cara Orang LDII menghormati Guru


Sebagai Orang Islam yang mencari Ilmu Agama, pasti mempunyai seorang guru. Guru juga merupakan aspek besar dalam penyebaran Ilmu.Apa kalian tau, guru yang mengajarkan kalian membaca iqra' maupun para ulama' besar, mereka semua itu ada di pesan Rasul SAW. Beliau bersabdah dalam HR.Ahmad, yang artinya "Tidak termasuk golongan kami (orang islam) yang tidak menghormati orang yang lebih tuadanmenyayangi orang yang lebih muda serta yang tidak mengerti hak ulama" Warga LDII menghormati guru merupakan keharusan setiap hari karena setiap hari mereka selalu mengikuti/ mengadakan pengajian

Terkandung Dalam sabdah Beliau, bahwa mereka para ulama' harus diperlakukan sesuai dengan haknya.Akhlak dan Adab yang baik kepada guru pengajian merupakan Kewajiban yang tidak boleh dilupakan bagi seorang murid.

Adab yang baik kepada seorang guru.

Menghormati guru 

"Saat kami sedang duduk-duduk di masjid, maka keluarlah Rosulullah SAW kemudian duduk dihadapan kami. Maka Seakan-akan (sehingga) diatas kepala kami ada seekor burung, tak satupun dari kami yang berbicara (berisik dan bergerak)" HR. Al-Bukhori

 Memperhatikan Adab-adab ketika berada di depan guru (menjaga kelakuan)

  1. Adab Duduk, Ketika mengaji usahakan lah duduk dekat dengan Gurunya, dan duduk dengan tenang memperhatikan.
  2. Adab Bericara, Kalau berbicara dengan Guru, kalian harus sopan dan lemah lembut suaranya. Tidak teriak-teriak.
  3. Adab Bertanya, Jika ingin bertanya usahakanlah untuk mengangkat tangan terlebih dahulu. jangan saurmanuk
  4. Adab dalam mendengarkan Pelajaran, Ketika gurusudah memulai pengjian kalian supaya diam dan tenag untuk memperhatikan. Jangan sampai ketika mengaji seperti ada dalam pasar, karena sangking ramainya.

Mendoakan Guru.

Do'akanlah gurumu agar tetap sehat.

Memperhatikan adb-adab dalam menyikapi kesalahan guru.

Nabi bersabdah dari HR. Ahmad, yang artinya "Setiap anak Adam pastiberbuat kesalahn, dan yang terbaik dari mereka adalh yang suka bertaubat"
Para guru bukanlah malaikat, mereka juga Manusia yang berarti juga membuat kesalaha, dan kalian jangan mencari kesalahan orang, ingatlah firman Allah SWT dalam QS. Al-Hujurat ayat 12, yang artinya, "Dan janganlah mencari-cari keburukan orang lain diantara kalian yang suka memakan daging saudaranya sendiri yang sudah mati? maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya."

Meneladani penerapan ilmu dan akhlaknya

Merupakan suatu keharusan seorang penuntut ilmu mengambil ilmu dan mengikuti akhlak gurunya. 

Sabar ketika bersamanya

Related Posts

Cara Orang LDII menghormati Guru
4/ 5
Oleh