Senin, 20 November 2017

Uniknya cara Infak orang LDII


Bagaimana biasanya ketika kalian ingin infaq? Apa dilempar?atau dimasukkan kedalam kotak infaq? ataukah diberikan lansung ke pengumpul infaq? Kalau orang LDII biasanya menggunakan cara lemparan atau dimasukkan kedalam kotak infaq. Uniknya cara infak orang LDII itu disebabkan oleh slogan "Tangan kanan memberi tetapi tangan kiri tidak tau"

Apa kalian tau, kita hanya mempunyai tiga macam harta

  1. Makanan yang telah kita makan
  2. Pakaiyan yang kita gunakan hingga rusak
  3. Harta- harta yang sudah kita sodakohkan
Harta selain tiga harta tersebut akan menghilang, rusak dan hancur. Harta yang kita sodakohkan karna Allah itu akan terus berkembang dan menjadi simpanan kita di akhirat nanti.

Rosulullah S.A.W menegaskan bahwa didunia ini banyak manusia yang kaya dan kelebihan harta, tetapi di akhirat miskin dan tidak memiliki apa - apa sehingga masuk kedalam neraka.

Btw, kalian tau tidak macam- macam shodakoh dalam islam? Didalam islamada 5 macam shodakoh yang harus ditetapi oleh setiap muslim sesuai dengan kemampuan nya masing- masing. Kelima macam shodakoh itu adalah,
  1. Zakat. Kewajiban Zakat ini berdasarkan firman Allah dalam Al-quran di surat al-baqoroh  ayat 43, yang arti isinya Tegakkanlah Sholat dan bayarlah zakat dan rukuklah berserta orang- orang yang rukuk (sholat berjama'ah)
  2.  Infaq, atau sering disebut Infaq fii sabilillah merupakan salah satu bentuk shodakoh spesifik dalam islam. Berbeda dengan Zakat yang terbatas pada jenis harta tertentu dan dibayarkan sekali dalam setahun. Berdasarkan Firman Allah dalam surat Al-Munafiqun ayat 10 yang arti isinya Dan infaqanlah sebagian dari apa- apa yang telah Aku Allah berikan sebagai rizqi kepada kalian sebelum jika datang salah satu dari kalian kematian maka mereka berkata"ya Tuhanku seandainya engkau beri kesempatan sedikit lagi maka aku akan membenarkan dan aku akan menjadi orang yang berbuat baik.
  3. Pembelaan, Shodakoh jenis ini tidak harus dengan harta tetapi juga bisa denga tenaga . Sebagaimana firman Allah di surat at-taubat ayat 41yang arti isinya Berangkatlah kamu ( membela agama Allah) baik dalam keadaan susah maupun mudah, dan berperanglah kamu dengan harta dan dirimu dijalan Allah. Demikian itu lebih baik bagi dirimu jika kamu mengetahui.
  4. Denda / Dam, merupakan jenis shodakoh yang dibayarkan ketika seorang muslim melakukan pelanggaran syariat.
  5. Shodakoh pemberian, dalam harta kita terdapat haknya orang lain yaitu orang yang meminta maupun orang yang tidak meminta. Berdasarkan firman Allah dalam surat Adz-Dzariat ayat 9.

Orang LDII biasanya infaq saat ada di pengajian, mereka langung melempar uang infaq ketika pengajar berkata " Jangan lupa Infaq, yang mau infaq, yang sudah infaq supaya ditambah" dan kata- kata yang serupa lainnya.

Bagi para santri pondok biasanya lebih banyak infaq karena banyak jadwal pengajiannya. Jadwal pengajian di pondok orang LDII bisa dari pagi higga malam. tetapi para santri jarang ada yang mengeluh, jikalau ada mereka hanya mengeluh karena sakit atau mengeluh karena mengantuk hingga tidak bisa mengikuti pengajian secara menyeluruh.

Pemuda dan Pemudi LDII benar - benar sangat bersemangat untuk mengaji bahkan saat hari minggupun mereka kadang juga mengaji, kegiatan mereka sangat padat untuk mengaji, untuk mencari ilmu agama.

Saat kami bertanya pada beberapa santri pondok tentang cita - cita mereka, mereka mejawab dengan tegas dan yakin " Saya ingi menjadi ustad/ ustadzah yang faham ". Ketika kami bertanya lagi kenapa mereka mau menjadi ustad/ ustadzah mereka menjawab "Agar agama islam terus berdiri hingga hari qiamat"

Related Posts

Uniknya cara Infak orang LDII
4/ 5
Oleh