Kamis, 23 November 2017

Cara sholat warga LDII ketika minta hujan saat kekeringan

Sholat Minta Hujan

Ketika mengalami kekeringan,hujan lama tidak turun dan menjadi ancaman hari packlik, maka qoum muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat dan berdoa minta hujan. Berikut ini Cara sholat warga LDII ketika minta hujan saat kekeringan yaitu,
  1. Sholat dua rokaat dan berdoa untuk minta hujan.
  2. Berdo'a minta hujan ketika sholat jum'at.

DalamHadist Abu Dawud No 1173 Kitabussholah menjabarkan tentang tata cara Sholat minta hujan/istiqo' seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

  1. Menyiapkan minbar ditanah lapang
  2. Khutbah di minbar
  3. Memuji dan menyanjung Allah dengan rendah hati dan penuh harap
  4. Berdo'a dengan mengangkat kedua tangan tinggi-tinggi 
  5. Memindah posisi selendang dari kanan ke kiri (tidak wajib)
  6. Sholat 2 rokaat dengan menggeraskan bacaan
 Paman Abad bin Tamim mangisahkan "sesungguhnya nabi Muhammad SAW keluar rumah bersama manusia untuk minta hujan, maka beliau sholat 2 rokaatbersama mereka dengan mengeraskan bacaan, memindahkan selendangnya, dan mengangkat kedua tangannya lalu berdoa dan meminta hujan dengan menghadap qiblat."

Do'a Istisqo' dalam khutbah jum'atan

 Dalam Hadist Shohih Bukhori No. 1013, Anas bin Malik menceritakan, seorang laki-laki masuk masjid pada hari jum'at dari pintu lurusnya minbar,sedangkan nabi sedang khutbah dengan berdiri. Rajul berkata "Wahai Rasulullah ternak kami rusak (mati) dan jalan-jalan banyak yang retak, Maka berdo'alah enggkau nabi pada Allah untuk meminta hujan".  Lalu Nabi Muhammad SAW langsung mengangkat kedua tangan nya dan berdo'a "ya Allah hujanilah kami, ya Allah hujanilah kami, ya Allah hujanilah kami".
Anas berkata "Demi Allah aku tidak melihat awan di langit, tidak ada awan dan tidak ada sesuatupun. Tidak ada dari kami yang melihat awan dari mendung di balik  bukit dan diantara rumah dalam perkampungan. Tiba-tiba muncul mendung dari belakang gunung seperti perisai, lalu
seketika itu mendung bergerak ketengah dan menyebar kemudian turun hujan. Demi Allah aku tidak melihat matahari selama 6 hari. Kemudian rajul itu masuk lagi pada pintu yang sama pada hari jumat berikutnya, ketika itu nabi sedang berkhutbah  dengan berditi menghadap rojul.
Rojul itu berkata "wahai nabi, hartakami banyak yang rusak dan jalan-jalan banyak yang rusak, maka berdo'alah engkau kepada Allahagar menghentikan hujan."
Maka Nabi Muhammad SAW mengangkat tangan nya dan berdo'a "ya Allah hujanilah kanan-kiri kami, bukit-bukit, gunung,gunung, rerumputan dan semak belukar, hutan serta tumbuh-tumbuhan, tidak di atas kami."
 Maka hujan pun menjadi reda dan menghilang.

Begitulah Cara sholat warga LDII ketika minta hujan saat kekeringan yang kami ketahui.Mereka selalu melakukan ibadah berdasarkan ilmu yang berasal dari Al-Qur'an dan Al-Hadist yang dikaji secara mankul, musnad dan mutashil.

Related Posts

Cara sholat warga LDII ketika minta hujan saat kekeringan
4/ 5
Oleh