Senin, 20 November 2017

Anggota LDII di Sidney Australia


Anggota LDII di Sidney Australia disebut dengan AIDA singkatan dari Association of Islamic Da'wah in Australia. Ini merupakan Gambaran kata - kata dari anggota kelompok AIDA di Sidney Australia dan juga hampir dari semua kelompok di Sidney Australia.

........ bisa dibaca di artikel sebelumnya ........ 

Pembinaan Generus Tahfidz

Sejak bulan oktober tahun 2013 di Sidney Australia diadakan kelas tahfidz Qur'an, pesertanya adalah generus A, B, dan C, Caberawit A, dan B dan ditambah dengan kelas orang - orang Arab. Semua Generus sudah diharuskan mengikuti program kelas tahfidz. Baik yang sudah bisa membaca Al-quran mauoun yang belum bisa. Sehingga ada yang bertanya "kalau belum bisa membaca Al-quran kok harus ikut kelas tahfidz?" Dan jawabannya adalah, Kita tidak perlu takut mengajarkan mereka menghafal al-qur'an, karena dulu para sohabat menghafal al-quran tanpa membaca karena banyak dari mereka tidak bisa membaca, dan mungkin tidak ada para sohabat yang belajar menghafal al-qur'an dengan membuka buku, tetapi dengan mendengar dari rasul.

 Karena lebih baik hafal Al - Qur'an meskipun belum bisa membacanya dari pada tidak bisa membaca Al- Qur'an dan tidak hafal Al- Qur'an.

 Untuk memperlancar kegiatan tahfidz pengurus pusat menunjuk beberapa ibu- ibu untuk menjadi admin kelas tahfidz. Lalu apa tugas admin?
  1. Memastikan kelas tahfidz berjalan dengan lancar.
  2. Menyusun jadwal guru, hingga ketika murid datang sudah ad guru pembimbingnya.
  3. Mengabsen guru juga murid. Jika datang terlambat atau tidak bisa datang harus idzin terlebih dahulu. 
  4. Membuat jurnal kemajuan murid dan kelas. Jadi per anaksetiap semester memiliki laporannya masing- masing.
  5. MengkomunikasikanProgram Tahfidz dengan orangtua dan guru untuk saling berkerja sama
  6. Piket kelas tahfidz secara bergantian.
Kelas tahfidz ini tidak di khususkan untuk anggota AIDA saja tetapi juga untuk semuanya. Pengajian tahfidz berjalan dari jam 5-7pm dan langsung dilanjutkan dengan pengjian dari jam 7-9pm. Karena masuk jam waktu makan para ibu-ibu mengusahakan untuk sodakoh yang punya anak maupun tidak, admin juga termasuk. Dan biasanya sodakoh makanan ini digilir untuk mendapat pahala.

Semua anggota diharuskan mengji sehari minimal 4jam, dan alhamdulillah pengajian ini berjalan lancar selama 2 tahun, dan selama itu juga tidak ada yang keberatan, bahkan mereka bersemangat untuk mengaji.

Buktinya setelah pulang sekolah jam 3pm mereka langsung persiapan untuk berangkat kekelas tahfidz dan mengaji. Dan untuk ketempat pengajian ada yang berjalan kaki kurang lebih 1-2km dan juga ada yang diantar oleh orangtuanya 

 Asrama Generus

Acara Asrama ini adalah pengajian intensif dengan cara tinggal di masjid atau SB selama 10 hari. Dan Alhamdulillah pengajian asrama generus ini sudah berjalan sejak tahun 2001 hingga sekarang ini.

Keuntungan mencari ilmu dari subuh sampai malam adalh belajar mandiri dan beramal solih, belajar berkerja sama dan juga belajar mondok. Pengjaian Asrama Generus ini di laksanaka setiap libur sekolah 4x dalam setahun selama 10 hari ( liburan nya 2 minggu ) yang biasanya liburan nya dibulan April, Juli, September dan Desember.


Materi Asrama Generus biasanya al-quran dan al-hadist tapi di sidney australia pembinaan di sangatkan pada bacaan al-quran dan faham agama. untuk bacan berkembang menjadi tahfidz al-quran, dan dengan adanya kelas tahfidz ini menjawab masalah yang ada pada umumnya yaitu sulitnya melancarkan dan mentartilkan bacaan al-quran bagi generus dan setelah ada kelas tahfidz ini masalah itu teratasi denga sendirinya. Untuk faham agama inicara pembinaannya adalah dengan mengadakan apel setiap selesai solat asar di setiap Asrama generus. Nasehat apel adalah pemantapan jamaah. selainitu sejak dini anak- anak generus sudah dilatih untuk nasihat di pengajian umum


Alhamdulillah sekali, para generus generasi awal sekarang sudah banyak yang menjadi ustad dan ustadzah yang mengajar generus, khusunya di sidney dan mulai menyebarluas di seluruh australia


Demikian lah gambaran pembinaan generus di australia.

Related Posts

Anggota LDII di Sidney Australia
4/ 5
Oleh